Kumpulan Artikel Penuh Inspirasi

14 June 2011

Al-Quran Menjawab Hati Yang Bersedih

Filed under: Artikel,Cerita Motivasi,Pengembangan Diri — planetmotivasi @ 11:17 AM

Kamu sedang bersedih? merasa banyak masalah dan ujian? wah, kamu ga sendiri sob. Banyak yang berfikir seperti itu. Sebagian besar bilang : Ah, itu mah biasa, wajar sebagai manusia kita merasa jenuh, aga berat, dsb. Tapi benarkah begitu? Atau patutkah kita seperti itu? hey, sobat..bangun!! berwudhu, dan baca kitab penunjuk jalan yang terjaga keasliannya sampai hari akhir…Apapun pertanyaan kalian, pasti ada jawabannya dalam Al-Qur’an…terutama saat sedih, seperti di bawah ini..

Manusia Bertanya : Kenapa aku diuji?

Qur’an Menjawab : “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman, sedang mereka tidak diuji lagi?” (Lihat QS.Al-Ankabuut : 2).

“Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta”. (Lihat juga QS.Al-Ankabuut : 3)

Manusia Bertanya : Kenapa aku tidak diuji saja dengan hal-hal yang baik?

Qur’an Menjawab : “…boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui”. (Lihat QS.Al-Baqarah : 216)

Manusia Bertanya : Kenapa aku diberi ujian seberat ini?

Qur’an Menjawab : “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya……….” (Lihat QS.Al-Baqarah : 286)

 

Manusia Bertanya : Bolehkah aku frustrasi ?

Qur’an Menjawab : “Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman”. (Lihat QS.Ali Imraan : 139)

Manusia Bertanya : Bolehkah aku berputus asa ?

Qur’an Menjawab : “…dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir”. (Lihat QS.Yusuf : 87)

Manusia Bertanya : Bagaimana cara menghadapi ujian hidup ini?

Qur’an Menjawab : “Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu beruntung”. (Lihat QS.Ali Imraan : 200)

“Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’”. (Lihat QS.Al-Baqarah : 45)

Manusia Bertanya : Bagaimana menguatkan hatiku?

Qur’an Menjawab : “….Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Ilah selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal…….” (Lihat QS.At-Taubah : 129)

Manusia Bertanya : Apa yang kudapat dari semua ujian ini?

Qur’an Menjawab : “Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu’min, diri dan harta mereka dengan surga – Nya……….” (Lihat QS.At-Taubah : 111)

Subhanalloh,

istiqomah, sobat..

Innalloha ma ana ^^

Advertisements

8 Comments »

  1. apakah Allah juga menciptakan Surga dan neraka jawabannya adalah sudah pasti Allah menciptakan Surga dan Neraka, klo demikian pasti Allah menciptakan Alam semesta untuk kehidupan manusia dalam ujian yg kelak akan menuju di akherat nanti. Alam semesta hanya untuk sebagai kehidupan sementara dan penuh dalam ujian. dimana ujian itu terdapat ujian buruk dan baik. dan setiap ujian akan di pertanyankan di akherat nanti jika ujian itu dilakukan dengan sabar dan bertawakal dengan rasa bersyukur Insyaallah Surgalah imbalannya, dan klo ujian itu penuh kegagalan maka nerakalah imbalannya, , Allahu Aqlam, hanya Allah yg Maha tau segala urusan Dunia dan Akherat. ( apakah nanti kalian juga bertanya terciptanya Allah , klo demikian kalian tidak punya rasa malu Terhadap Allah. sudah jelas kalian sekarang hidup dan bisa bernafas apakah kalian tidak punya rasa berterima kasih pada Allah. orang yg menanyakan untuk apa alam semesta ini di ciptakan itu adalah orang yg sangat bodoh sekali dan sudah jelas tidak pernah membaca Al-Qur’an atau Kitap lainnya seperti Kitap Injil dan Taurat. kalau dunia ini terciptanya secara kebetulan maka apakah kisah Nabi Musa itu juga secara kebetulan yg diwaktu kecil Dia ibunya disuruh Allah untuk menhanyutkan nabi musa karena pada waktu itu akan ada pembantaian semua anak laki laki, dan Nabi musa di temukan oleh Raja Fir’aun dan kemudian Nabi Musa tidak mau minum air susu ibu orang lain kecuali Ibu kandungnya sendiri. apakah dan masih banyak lagi kisah kisah Nabi dan itu semua adalah sebuah perencanaan Allah dan sebagai tanda tanda bahwa dunia ini bukan suatu kebetulan melainkan Diciptakan oleh Allah. terkutuklah orang orang yg selalu menanyakan untuk apa Alam semesta ini diciptakan. dan menyalah kan Allah menciptakan Alam Semesta ini, Allahu Aqlam hanya Allah yg Maha Tau.. Segala urusan Dunia dan Akherat, Subkhanallah …

    Comment by Sandian Virgo — 10 November 2011 @ 6:02 PM | Reply

  2. maaf Saudaraku salah kirim aku td nya kirim ke situs http://hakadosh.wordpress.com/2009/12/22/mengapa-allah-menciptakan-alam-semesta/ ini Salam sejahtera..

    Comment by Sandian Virgo — 10 November 2011 @ 6:32 PM | Reply

  3. Artikelnya sangat berguna bagi saya dan temen temen saya thk sobat..

    Comment by Sandian Virgo — 10 November 2011 @ 6:51 PM | Reply

  4. subhanallah .

    Comment by Dede Sabrina — 22 March 2012 @ 9:25 PM | Reply

  5. Subhanallaoohh

    Comment by Ita Cah Maniezt — 4 September 2012 @ 3:00 PM | Reply

  6. لاتحزن ! ان الله معنا
    ^_^

    Comment by q — 24 December 2012 @ 12:06 PM | Reply

  7. Masha ALLAH..
    BarokhALLAHU fiikum..
    makasih artikelnya sob..
    ijin share ya..
    ^_^

    Comment by dimas — 11 February 2015 @ 4:37 PM | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: