Kumpulan Artikel Penuh Inspirasi

16 June 2010

Inspiring Story About SNMPTN

Filed under: Artikel,Cerita Motivasi,Diary — planetmotivasi @ 4:28 PM

10 tahun yang lalu ketika Kamel ikut UMPTN, hari pertama Matdas cuma ngisi 3 soal, tapi yakin semua bener.
hari kedua telat 29 menit, terus diomelin panitia di depan kelas: “1 menit lagi kamu telat, gak boleh masuk ruangan ini!!!!!!
“jiper..nge-down..malu…karena peserta seruangan itu ngeliatin Kamel, padahal Kamel gak kenal mereka sama sekali karena diacak dari berbagai sekolah.

jiwa seorang amel remaja berusia 17 tahun ketika itu tentunya beda banget kalo dibandingin sama keadaan Kamel sekarang yang jauh lebih PD tampil di depan banyak orang. terus dalam waktu 61 menit kemudian, Kamel harus mengumpulkan segenap kepercayaan diri sendiri. memaafkan diri sendiri karena sebelumnya habis memaki-maki diri sendiri juga, dan berdamai dengan kenyataan…mengelap keringat karena lari-lari, mengeluarkan pensil yang patah dari kotak pensil, kipas-kipas karena keringatan, dan berusaha fokus walau air mata menetes di pipi karena malunya luar biasa.

sadar bahwa usaha Kamel nggak bakal mengantarkan Kamel sampai ke gerbang masuk Psiko UI (TO terakhir Kamel waktu itu masih minus 144 menuju Psiko UI!), Kamel teringat pesan pengajar Geografi Bu Pretiwi ketika hari terakhir super intensif masuk: “maka berdoalah kamu sebanyak-banyaknya, sekhusyu’-khusyu’nya… karena kekuatan doa itu luar biasa dahsyatnya. terutama doa dari ibu…menembus langit” usai hari ke-2 UMPTN, Kamel langsung sungkeman sama ibu kandung dan neneknya Kamel yang mendidik Kamel dari kecil, kamel minta restu dan doa dari mereka… sebenarnya mereka nggak setuju Kamel masuk psikologi, idealnya orang tua kalo punya anak di IPS pengennya ya masuk FE, kerja di bank..bukannya malah ngurusin orang sakit jiwa, atau malah anaknya yang berobat jalan di psikologi! begitulah anggapan mereka ketika itu.

tapi karena mereka nggak tega juga kali ya ngeliat kamel yang kecil mrikintil dan mungil ini, akhirnya mereka merestui.Kamel juga masih terus sholat dhuha-tahajud-dan puasa senin kamis.walau kata temen2: “lu ngapain mel masih rajin ibadah, kan UMPTN-nya udah lewat?”ada lagi teman yg nyindir: “ah elo meL..ibadah kalo ada maunya doang. kalo lagi seneng aja lu boro2 ibadah!”Kamel jawab, “masih mending gw… daripada elo, udah nggak ngelakuin, bisanya cuma nyindir doang!”bagi Kamel, UMPTN memang udah lewat… tapi bukankah pengumuman hasil itu lebih penting? dan itulah yang belum lewat. saya tidak mendoakan yang jelek bagi orang lain, tapi berharap boleh dong?apa salahnya saya berharap:”ALLAH MAHA PEMBOLAK-BALIK HATI, SEMOGA PENGAWAS ITU DIBALIK HATINYA DAN SEMOGA KERTAS LEMBAR JAWABKU SELAMAT SAMPAI TUJUAN AKHIRNYA (baca:scanner)”

dan ketika hari pengumuman itu tiba… (dulu hanya lewat koran pagi, belum ada kerjasama dengan internet).kamel dan papa kamel nungguin tukang koran langganan lewat di depan rumah sejak jam 5.30 pagi.biasanya jam segitu dia udah rajin ngelempar koran ke rumah.mama kamel lagi dinas ke jepang, dan beliau terus telpon nanya kabar pengumuman UMPTN.dengan jeda waktu antara tokyo-jakarta beberapa jam, beliau terus menerus ngaji di sana, di detik2 kamel nunggu pengumuman UMPTN via koran.

kamel tanya, “ngapain lagi mama ngajiin aku? kan hasilnya udah pasti keluar, nggak ada yang bisa diupayakan lagi ma…”. “lho..” jawab beliau, “hasil memang udah keluar, tapi mama ngajiin untuk keikhlasan batin kamu andai kamu nggak diterima… jangan sampai kamu shock.”wuahh..makin nyesek dada kamel ketika itu.semakin terbebani…takut mengecewakan orang tua.mana tukang koran gak lewat-lewat pula!dulu belum zaman HP, gak bisa nitip temen SMS minta liatin nomer.apalagi zaman buku muka (facebook), belooommm…!

jam 6…
6.30…
jam 7…
7.30

“pa, kaya’nya ini udah firasat buruk deh. tukang koran aja ogah lewat rumah kita…” mata kamel udah berkaca-kaca ketika itu. papa kamel gak jawab, cuma ngusap2 rambut kamel. duhhh..ngomong apaan kek gitu yang bisa nguatin batin saya!kaya’nya beliau juga udah mikir hal yang sama. atau entah apa lah, tapi yang jelas beliau masih nemenin kamel berdiri di depan gerbang rumah nunggu tukang koran lewat. setiap kali ada suara motor lewat, leher kami selalu melongok ke ujung gang komplek rumah, berharap tukang koran itu datang.

“kalo jam 8 nggak lewat juga, kita cari koran di depan,” kata papa. yah, setidaknya keluar juga omongan dari mulutnya. jam 8 kurang dikiiiiittt bangettt…dateng dah tuh tukang koran, “maaf pak, korannya abis terus saya jadi balik 3X ke agen ngambil lagi. tapi buat rumah ini mah udah prioritas. hehee…nunggu pengumuman ujian juga ya mbak?”ahhh…nggak sempet jawab! langsung kamel rebut koran dari tangannya, dan buru2 cari nomor peserta kamel….keriting tuh mata karena dulu pengumumannya berdasarkan urutan nomor peserta, bukan kaya’ sekarang berdasarkan jurusan.

081..
Amalia Sekar Wulan

“wuaahhh…papa! itu namaku lulus!”
“liat yang bener, kali aja ‘amalia sekar wulan’ yang lain, bukan kamu.”iishhh… si papa, emang ada berapa ‘amalia sekar wulan’ sih di dunia ini? kalo nama asep surasep mungkin pasaran, tapi tidak dengan namaku! sampe 3 kali saya memastikan nomor dan nama itu cocok dengan punya saya. “bennner pa, ini aku! aku luluss pa! aku lulusss!!!!”

“lihat dulu lulus di pilihan ke-berapa?”

oiya! saking senengnya sampe lupa. telunjukku memastikan lurus, 3X juga nama itu sederet dengan kode psiko ui, bukan kode jepang ui. “Psiko UI pa, pilihan pertama! aku diterima di pilihan pertama pa, impian aku pa!!!!!”wuahhhh papa yang seumur hidup nggak pernah saya lihat menangis, kali ini ada air mata menetes di pipinya. langsung kami berpelukan dan sujud syukur lah kami. alhamdulillah ya Allah…. ternyata semua doa itu Kau kabulkan. mungkin kalo ada tetangga lewat dan kebetulan ngeliat, mereka pasti bingung, “nih anak ama bapak ngapain sujud-sujud di garasi pagi-pagi?”hehee..

dering telpon rumah membangunkan sujud panjang kami.”gimana mbak?” kata suara di ujung telpon sana. mama saya. isengin dulu lah. “aku….nggak diterima ma….””ya udahlah mbak, gak apa2 ya, yang ikhlas… Allah udah siapin ganti yg lebih baik kok..””aku belum selesai ngomong ma…””kenapa?””aku nggak diterima di pilihan kedua….””maksudnya?””soalnya aku diterima di pilihan pertama..””Psikologi?””iya dong… heheee..”

“alhamdulillah….” sambil sesenggukan mamanya kamel mengucap syukur . dan setelah itu bener2 nggak terdengar suaranya lagi, terisak nangis dalam keharuan yang dalam karena doanya selama ini didengar Allah.”halo..? halo? mama? maaaa…?”dan hanya isakan tangis yang kamel dengar….yaaah…si mama… tadi ngajiin anaknya biar nggak shock, ternyata malah dia sendiri yang shock^^nahhhh…..! dari cerita itulah wahai adikku, semua siswaku tercinta…

jadi, bukan hanya upaya yang membuat kita lulus, tapi juga kekuatan doa yang memberhasilkan kita. jangan bandingkan upaya kita dengan orang lain. lihat dan ngaca dulu,bagaimana upaya kita? teman yang kelihatannya nyantai kenapa bisa lulus daripada kita yang lebih rajin? mungkin karena teman kita itu pada dasarnya lebih pinter, ngerjain soal sambil merem aja udah selesai daripada kita yang harus mati2an belajar. periksa lagi bagaimana cara-cara kita dalam berupaya. kalau dirasa sudah optimal, periksa lagi bagaimana kekhusyu’an dan komunikasi kita dengan Allah. kalau doapun sudah khusyu’, periksa lagi hati itu…apakah ada kesombongan dan kemaksiatan di sana yang bisa menghalangi doa kita?

ingat, tinggal beberapa hari lagi SNMPTN. ini adalah senjata pamungkas kamu untuk bisa masuk PTN tahun ini. kamu harus all out, berjuang mati2an di sana. kamu bukan anak bodoh, karena buktinya kamu bisa masuk SMA yang bagus! kamu mungkin hanya kurang berusaha. mungkin masih sering menunda dan malas….dan patutkah kita malas sementara snmptn tinggal beberapa hari lagi? patutkah seorang pejuang itu malas?

kita semua manusia yang lahir ke dunia ini adalah pejuang. kita pernah mengalahkan 2 juta sel sperma lainnya menuju sel telur untuk dibuahi menjadi zygote lalu embrio-janin, hingga akhirnya terlahir sebagai bayi dan tumbuh sbg manusia dewasa skrg ini. nanti di snmptn kita hanya perlu mengalahkan 400ribu saingan kita…tidakkah itu jauh lebih sedikit daripada saingan kita dulu?

jangan khianati perjuangan kita dulu hanya dengan 1 kata: MALAS.

24 Comments »

  1. hmhm.. posting y bagus, sy juga berpikir kekny kelulusan sy d snmptn bbrp taun lalu krn doa dari org2 sekitar saya terutama orangtua, adiku juga taun ni snmptn dan pengumumannya tinggal bbrp hari lagi, semoga dia lulus pilihan pertama d psi unpad, tapi walau ngga pun semoga dia dan keluarga dpt menerima yang terbaik…

    Comment by Ahmad — 15 July 2010 @ 7:27 AM | Reply

  2. makasih.. Benar2 sangat memotivasi, sampe nangis ini😥

    Comment by Engla — 15 March 2011 @ 7:16 AM | Reply

  3. bener.. saya sampai nangis. yaah, doakan saya juga ya semoga saya lulus snmptn 2011 ini. :’)

    Comment by yelanjela — 10 June 2011 @ 1:37 PM | Reply

  4. memotivasi sekali,,, smoga q jg dtrma snmptn nnti.a

    Comment by liahida — 5 May 2012 @ 11:17 PM | Reply

  5. aku terharu😥 makasih motivasinya, menginspirasi sekali

    Comment by --- — 14 March 2013 @ 9:41 PM | Reply

  6. Ceritanya gak jauh beda seperti saya bahkan saya gak sempet belajar intensif seperti kamel. Karena kekuatan doa. Saya percaya walaupun perjuangan kita lebih sedikit dari doa. InsyaAllah Allah maha adil. Beliau tahu yang terbaik untuk hambanya. Dan ingatlah, banyak berlatih walaupun kamu selalu kalah dengan saingan kamu karna dengan seperti itu Allah melihat usaha kita. Percayalah bahwa perjuangan keras itu tidak pernah berbohong, keep fighting untuk sbmptn😉

    @anisoyy (twitter)

    Comment by anis — 14 March 2013 @ 9:57 PM | Reply

  7. makasih, sangat memotivasi🙂 minta do’a juga ya mbk kamel moga saya ditrima di snmptn taon ini🙂

    Comment by Efa R — 14 March 2013 @ 10:13 PM | Reply

  8. menginspirasi bgt buat saya. tahun ini saya adalah peserta snmptn ugm arsitektur. thanks artikelnya🙂

    Comment by habibie — 14 March 2013 @ 10:24 PM | Reply

  9. Kalo saya tahun lalu tes SNMPTN tulis harus ke kotanya langsung karena pilihan saya dua-duanya ke UB. Cuma bermodalkan keyakinan dan doa terutama doa orang tua ya (khususnya ibu) alhamdulillah saya diterima disini hehe pesan saya sih untuk adik-adik sekalian jangan takut untuk mencoba ya sekalipun itu terlihat mustahil, lalu percaya sama diri sendiri, dan juga yg terpenting jangan pernah lepas sama yg namanya doa. Karena sebesar apapun usaha kita tanpa dibarengi dengan doa pasti akan sia-sia. Semangat ya buat kalian🙂

    Comment by Chrisza Firmansyah (@ijafirmansyah) — 15 March 2013 @ 9:51 AM | Reply

  10. luar biasa,, andai q punya kesemapan

    Comment by Irwan Sianturi (@irwan_seean) — 15 March 2013 @ 10:53 AM | Reply

  11. 😀

    Comment by irwan_see — 15 March 2013 @ 11:44 AM | Reply

  12. Reblogged this on sianturiirwan and commented:
    10 Gaya Hidup Orang Sukses

    Ada 1 lembaga penelitian sekuler di USA yg meneliti tentang orang-orang bahagia. Karena ini lembaga sekuler, ukuran bahagia pertama adalah banyaknya uang, maka lembaga tersebut mensurvey orang-orang kaya (milyuner) dengan sample awal sebanyak lebih dari 200 ribu orang milyuner.
    Dari 200 ribu itu disaring kadar bahagia-nya berdasarkan berbagai parameter termasuk keluarga tersebut.Hasil saringan terakhir ada sekitar 200 orang yang dianggap sangat bahagia, karena selain kaya, bisnisnya luar biasa, menikmati hidup, keluarganya beres.
    Hasil survey tersebut ditulis dalam buku karangan Thomas Stanley berjudul “The Millionaire Mind.” Orang-orang kaya tersebut rata-rata sudah berumur, mereka adalah orang kaya dalam 1 generasi, artinya bukan kaya warisan, tapi kaya dengan modal zero, alias kerja sendiri.

    Kemudian orang-orang ini diwawancara satu per satu secara detail, dan di-summary-kan gaya hidup orang-orang tersebut, berikut 10 gaya hidup:

    1. Orang-orang tersebut frugal = hemat, artinya: mereka penuh pertimbangan dalam
    memanfaatkan uang mereka. Untuk beli sesuatu, pikir-pikir dulu sekitar 20 kali, tipe orang yang tanya sama Tuhan tentang segala sesuatu pengeluaran. Mereka tidak diperbudak mode, meskipun tidak kuno, tapi modis. Mereka tahu di mana beli barang bagus tapi murah.

    2. Orang-orang tersebut selalu hidup di bawah income mereka, tidak hidup gali lobang tutup lobang alias anti utang.

    3. Sangat loyal terhadap pasangan – tidak cerai dan setia!

    4. Selalu lolos dari prahara baik dalam keluarga/bisnis (di USA sering resesi ekonomi, mereka selalu lolos). Setelah ditanya apa kunci lolosnya, jawabannya: “overcoming worry and fear with The Bible and pray, with faith to God. We have God and His word.”

    5. Cara berpikir mereka berbeda dalam segala segi dengan orang-orang kebanyakan, contoh: kita kalau ke mall, mikir abisin duit, mereka malah survey mencari bisnis apa yang paling laku di mall. They think differently from the crowd. Mereka “man of production” bukan “man of consumption. ”

    6. Ketika ditanya kunci suksesnya:
    a. Punya integritas = omongan dan janji bisa dipegang dan dipercaya.
    b. Disiplin = tidak mudah dipengaruhi, dalam segala hal, termasuk disiplin dalam hal
    makanan, mereka orang yang tidak sembarangan konsumsi makanan. Tidak serakah.
    c. Selalu mengembangkan social skill = cara bergaul, belajar getting along with people, belajar leadership, menjual ide, mereka orang yang meng-upgrade dirinya, tidak malas belajar.
    d. Punya pasangan yg support, selalu mendukung dalam keadaan enak / tidak. Menurut mereka, integrity dimulai di rumah, kalau seorang suami/istri tidak bisa dipercaya di rumah, pasti tidak bisa dipercaya diluar.

    7. Pembagian waktu/aktivitas, paling banyak untuk hal-hal berikut:
    a. Mengajak anak dan cucu sport/olahraga, alasannya, dengan olahraga bisa meningkatkan fighting spirit yang penting untuk pertandingan rohani untuk menang sebagai orang beriman, untuk bisa sportif (menerima kenyataan, tetapi dengan semangat untuk memperbaiki dan menang).
    b. Banyak memikirkan tentang investment.
    c. Banyak waktu berdoa, mencari hadirat Allah, belajar Firman. Ini menjadi lifestyle mereka sejak muda.
    d. Attending religious activities.
    e. Sosializing with children and grand child, ngobrol.
    f. Entertaining with friends, maksudnya bergaul, membina hubungan.

    8. Have a strong religious faith, dan menurut mereka ini kunci sukses mereka.

    9. Religious millionaire. Mereka tidak pernah memaksakan suatu jumlah aset sama Tuhan, tapi mereka belajar mendengarkan suara Tuhan, berapa jumlah aset yang Tuhan inginkan buat mereka. Minta guidance untuk bisnis. Mereka bukan type menelan semua tawaran bisnis yang disodorkan kepadamereka, tapi tanya Tuhan dulu untuk mengambil keputusan.

    10. Ketika ditanya tentang siapa mentor mereka, jawabannya adalah Tuhan.

    Comment by irwan_see — 15 March 2013 @ 11:45 AM | Reply

  13. Cerita ini sangat menginspirasi saya
    Saya baru tersadar bahwa tidak hanya orang yang sering ngapalin berbagai rumus, les dimana mana, ngerjain soal siang malam, bahkan ngerelain beli buku sampai berjubel jubel yang bisa LULUS ke PTN yang diinginkannya.
    Semoga saya MUHAMMAD RAJA DOLY HUTABARAT siswa XII IPA asal SMA NEGERI 6 MEDAN dapat LULUS di UNIVERSITAS SUMATERA UTARA FAKULTAS KEDOKTERAN tahun 2013 melalui SNMPTN 2013 atau SBMPTN 2013…

    Thx buat motivasi dan inspirasinya

    Comment by Muhammad Raja Doly Hutabarat — 15 March 2013 @ 7:18 PM | Reply

  14. merinding !!! subhanaAlloh :’) Semoga saya adalah salah satu dari ribuan camaba yang TERSENYUM BAHAGIA karena dapat membanggakan kedua orang tua pada pengumuman tanggal 28 mei nanti.. Aamiin ya Alloh

    Comment by irfa ulwan — 15 March 2013 @ 7:45 PM | Reply

  15. Keren ! mantep jadiin inspirasi buat kedepan dan buat makin berusaha

    Comment by Hendot — 15 March 2013 @ 7:47 PM | Reply

  16. keren sangat membangun kepercayaan diri keren keren keren. Semoga saya yg selanjutnya

    Comment by kahap_n_kahap — 15 March 2013 @ 10:43 PM | Reply

  17. That’s awesome (y)

    Comment by Christopher — 16 March 2013 @ 12:26 AM | Reply

  18. amin!! ceritanya sangat inspiring!! moga saya juga bisa masuk FK USU! aamiin ya Allah!!

    Comment by Ivo_Dini — 16 March 2013 @ 5:42 PM | Reply

  19. Truely Amazing story! sangat berkesan!
    Saya akan selalu berusaha menyeimbangkan doa dengan usaha!!
    Tahun 2013 ini semoga Silma Adieba menjadi mahasiswi fakultas PSKOLOGI-UNPAD Aamiiin Aamiin yaa Rabbal ‘alamiin

    Comment by Silma — 16 March 2013 @ 9:26 PM | Reply

  20. subhanallah cerita nya bener2 bikin haru sekaligus motivasi aku :’)

    aki ijin copy ke blog aku ya min. aku cantumin kok alamat blog mimin :))

    Comment by novyarna — 17 March 2013 @ 9:33 AM | Reply

  21. Menginspirasi banget, sampe sedih juga bacanya + seneng + senyum2 sendiri. Semoga saya masuk Ikom-UI. Amin

    Comment by aira — 17 March 2013 @ 9:44 PM | Reply

  22. wow,its an amazing experience!! really inspiring!!!
    semoga doa saya di dengar dan dikabulkan Tuhan seperti kak kamel……. saya yg berkemampuan rata-rata bisa diterima di ptn dan jurusan yg saya inginkan…..amin…. doain saya juga ya ^_^

    Comment by Yulita P — 13 May 2013 @ 9:44 PM | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: