Kumpulan Artikel Penuh Inspirasi

10 June 2009

Iri Bisa Diolah Menjadi Sukses

Filed under: Artikel,Pengembangan Diri — planetmotivasi @ 12:35 PM
Tags:

Merasa iri memang manusiawi. Apalagi, di tengah kehidupan yang serba sulit seperti ini. Tapi, tentu saja kuncinya adalah bagaimana kita mengubah rasa iri itu menjadi suatu kesuksesan, bukannya menjadi obsesi yang merusak.Para ahli mengatakan bahwa rasa iri bisa juga menjadi pemicu motivasi seseorang untuk maju. Caranya, apabila ia bisa mengelola perasaan iri itu dengan baik. Itulah yang ditekankan Northcote Parkinson dalam bukunya Getting Along Better With People.

Menurutnya, ada dua dampak sifat iri. Yang pertama membenamkan seseorang pada perasaan sesal, kecewa, stres, depresi, dan frustrasi. Yang kedua, rasa cenderung membangkitkan semangat untuk bersaing dengan orang-orang yang berhasil.Dampak pertama sudah selayaknya dihindari, Tapi dampak kedua justru bisa membuat Anda meraih sukses. Untuk mengembangkannya,cobalah Fokus pada kelebihan orang lain, bila Anda sedang merasa iri. Berpikirlah bahwa Anda pun bisa memiliki kelebihan tersebut.

Jangan lama-lama memanjakan rasa iri. Bangkit dan tersenyumlah lalu akui bahwa orang lain yang membuat Anda iri itu memang pantas sukses karena hal-hal positif yang dimilikinya, seperti kerja keras, penuh semangat,cerdas, dan sebagainya. Selanjutnya, atur strategi Anda agar bisa menjadi kompetitor yang sehat.

Jangan sekalipun memupuk rasa iri menjadi’kebencian’. Yakin deh, walau bagaimanapun Anda akan merasa lebih nyaman bersaing dengan perasaan yang positif. Dan cobalah untuk berpikir positif bahwa esok Anda pun akan berhasil seperti dia.Bersahabatlah dengan orang-orang sukses di lingkungan Anda.Keberhasilan dan kesuksesan seseorang juga dipengaruhi dengan siapa Anda bergaul. Kalau Anda bergaul dengan orang-orang yang gagal, maka Anda akan gagal. Sebaliknya, kalau Anda bergaul dengan mereka yang berhasil, Anda akan termotivasi untuk berhasil.

Selanjutnya, carilah jalan yang paling rasional untuk mencapai kesuksesan. Jangan pernah sekalipun berpikir untuk meraih suksesdengan jalan pintas.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: