Kumpulan Artikel Penuh Inspirasi

22 May 2009

Mengembangkan Rasa Pede

Jika Anda termasuk orang yang tidak atau kurang ‘pede’, jangan cuma diam.
Kembangkan rasa percaya diri Anda! Dan jika Anda sudah memiliki rasa percaya diri yang baik, peliharalah rasa ‘pede’ tersebut, tentu saja agar rasa pede Anda tetap dalam batas yang proporsional. Caranya? Lakukan hal-hal berikut ini:

1,Pujilah diri sendiri

Jangan ragu untuk memberi selamat pada diri sendiri ketika Anda berhasil meraih prestasi, walau sekecil apapun. Caranya yaitu dengan berbicara pada diri sendiri, “ya saya memang pantas mendapatkannya karena saya telah bekerja keras”. Kalau perlu berikan hadiah pada diri sendiri, misalnya dengan membeli sepatu atau jam tangan yang telah lama Anda inginkan. Lagipula memuji diri sendiri sepanjang tidak merugikan dan menggangu orang lain dapat berpengaruh positif pada Anda. Tindakan ini dapat membantu Anda lebih percaya diri dan optimis dalam mengerjakan apapun, terutama dalam melaksanakan tugas-tugas Anda. Anda pun telah belajar menghargai diri sendiri.

2.Buatlah agar orang lain menghormati Anda

Ingat, Anda tidak bisa memaksa orang lain menghormati Anda jika Anda sendiri tidak menghormati diri sendiri dan orang lain. Cara bicara yang seenaknya dan gaya berpakaian yang tidak sopan adalah contoh bahwa Anda tidak menghormati diri sendiri. Jika Anda tidak bisa menghormati diri sendiri bagaimana orang lain mau menghormati Anda? Menghormati orang lain tanpa memandang pangkat dan jabatan juga merupakan upaya agar orang lain menghormati Anda. Jika Anda merasa orang lain menghormati Anda, tentu Anda akan lebih pede dalam melakukan apapun. Tentu saja Anda bisa membuat orang lain agar menghormati Anda tanpa terkesan Anda ‘gila hormat’ bukan?

3.Jangan takut gagal

Orang yang selalu takut gagal mustahil bisa mempunyai rasa ‘pede’ yang lebih
baik. Mereka yang takut gagal selalu dihantui rasa bersalah setiap ingin melakukan apapun. Hal ini jelas akan menghambat kemajuan karir Anda. Jika Anda pernah mengalami kegagalan di masa lalu, jangan jadikan kegagalan itu sebagai masalah ‘traumatis’. Tapi sebaliknya jadikan kegagalan itu sebagai pengalaman dan pelajaran berharga untuk meraih yang lebih baik. Dengan mengenyahkan rasa cemas dan takut ‘gagal’ otomatis rasa percaya diri Anda akan tumbuh.

4.Buatlah target sukses yang lebih luas

Membatasi target sukses hanya membuat Anda terbelenggu pada ukuran sukses yang sesungguhnya amat relatif. Umumnya, jika Anda sudah mencapai kesuksesan yang diinginkan, Anda akan merasa puas dan membuat Anda berhenti sampai disitu. Sehingga Anda merasa tidak perlu berjuang lebih keras. Karena itu jangan batasi target kesuksesan Anda. Sekali Anda menargetkan kesuksesan, Anda akan sulit untuk lebih maju dan berkembang. Dan ingat, setiap kali Anda memimpikan sukses, setiap kali itu pula Anda akan merasa lebih pede dalam menggapainya.

5.Yakinlah bahwa Anda bisa

Tanamkan keyakinan pada diri sendiri bahwa Anda bisa melakukan dan menyelesaikan pekerjaan apapun, bahkan yang paling sulit sekalipun. Dengan demikian Anda telah berpikir positif terhadap diri sendiri. Hal ini dapat memberi kekuatan dan menumbuhkan percaya diri pada Anda setiap kali Anda ingin melakukan sesuatu.

Pada dasarnya rasa pede ini perlu untuk membantu dan mendorong kesuksesan Anda tetapi jangan sampai rasa pede itu membuat Anda sombong dan besar kepala. Dan yang perlu Anda catat, rasa ‘pede’ saja tidak cukup untuk menggapai sukses. Untuk menggapainya perlu dibarengi usaha, kerja keras, dan doa. Sukses untuk Anda…!

2 Comments »

  1. Istilah “percaya diri” sebenarnya berasal dari konsep psikologi atheis. Yang benar adalah istilah “percaya Tuhan”, karena segala keberhasilan yang kita peroleh berasal dari Tuhan, bukan berasal dari kejeniusan dan kerja keras kita. Rasa percaya diri (self-confident) dan perasaan kompeten (self-efficacy) harus berisi pengakuan akan keterlibatan Tuhan.

    Trims.

    Comment by Tjari Istrie — 7 July 2009 @ 1:23 AM | Reply

    • tapi menurut saya percaya diri itu dari kita sendiri. tuhan tidak akan merubah seseorang jika seseorang itu tidak mau merubah diri nya sendiri. dan percaya diri itu penting, karena banyak orang yg sukses adalah orang yang percaya diri. terima kasih…

      Comment by planetmotivasi — 8 July 2009 @ 3:56 AM | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: